Penerapan Metode Group Investigation dan Two Stay Two Stray Guna Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Siswa dalam Belajar Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Saiful Amirin SMP Negeri 2 Laren

Keywords:

prestasi belajar, pendidikan agama islam, metode group investigasi, two stay two stray

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode pembelajaran kooperative yaitu metode group investigasi dan two stay two stray dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, materi sholat sunnah, pada siswa kelas IX-B SMP Negeri 2 Laren Lamongan Tahun  Pelajaran  2019/2020. Jumlah 34 siswa yang terdiri dari 15 siswa dan 19 siswi.

Hasil dari penelitian ini, bahwa metode diatas dapat meningkatkan hasil belajar  Pendidikan  Agama  Islam, materi sholat sunnah. Dan dapat dibuktikan dari peningkatan prestasi siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 67, dengan bukti peningkatannya di pra siklus yakni rata-rata nilai 62,41. Nilai tersebut meningkat pada siklus I yaitu 75,86 dan pada siklus II nilainya yaitu 87,41. Persentase ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus yang tuntas 38% pada siklus I meningkat menjadi 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada siklus II semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Oleh karena itu Penelitian ini dinyatakan berhasil.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles