Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Khulafaur Rasyidin Melalui Metode Quick On The Draw Pada Siswa Kelas Vii-B Smp Negeri 2 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Aziza Yusuf SMPN 2 Gondangwetan

Keywords:

Hasil Belajar, Khulafaur Rasyidin, Quick On The Draw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI pada materi Khulafaur Rasyidin melalui metode Quick On The Draw pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 2 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan dengan dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiap akhir pembelajaran ada refleksi, sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat dibenahi pada siklus berikutnya. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisa menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan mengetahui persentase belajar yang dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas selama pembelajaran. Untuk menganalisis tindakan keberhasilan atau prestasi keberhasilan siswa, maka dilakukan cara dengan memberikan evaluasi bersifat tertulis pada setiap akhir putaran. Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistik sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa metode Quick On The Draw pada pembelajaran PAI mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan hasil belajar siswa. Hal ini telah dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II yang telah memenuhi ketuntasan klasikal yaitu 85%. Pada tahap pra siklus yang tuntas KKM ada 17 siswa atau sebesar 56,7% dengan nilai rata-rata 63,3. Pada siklus I yang tuntas KKM ada 23 siswa atau sebesar 76,7% dengan nilai rata-rata 71,6. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90% dengan nilai rata-rata 77,9 dari 30 siswa.

Downloads

Published

2021-12-16

Issue

Section

Articles