Efektifitas Model Pembelajaran Outdoor Study dengan Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Keywords:
outdoor study, permainan edukatif, prestasi belajar siswaAbstract
Seiring pesatnya kemajuan teknologi dewasa ini makin berkurang minat dan kemauan anak untuk belajar membaca Al Qur’an termasuk para siswa di SMP Negeri 1 Ngancar. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi model pembelajaran outdoor study dengan permainan edukatif dapat meningkatkan prestasi belajar mereka. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi yang akan menjadi dasar pijakan untuk langkah berikutnya. Model pembelajaran Outdoor Study dengan metode permainan edukatif yang menjadi pengganti metode-metode konvensional, yaitu klasikal, ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas yang banyak dapat meningkatkan prestasi belajar membaca Al Qur’an bagi siswa di SMP Negeri 1 Ngancar. Namun penggunaan pembelajaran dengan pemberian model pembelajaran outdoor study dengan metode permainan edukatif bukanlah mutlak menjadi satu satunya yang baik dalam KBM tetapi metode ini sangat cocok dalam kelas yang heterogen dan materi yang sangat sulit membedakan materi yang bermacam-macam jenis, oleh karena itu metode ini perlu dikembangkan lagi pada materi-materi lain khususnya materi membaca Al Qur’an / Tajwid
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Rofiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.