Efektifitas Model Pembelajaran Outdoor Study dengan Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Siti Rofiah SMP Negeri 1 Ngancar Kabupaten Kediri

Keywords:

outdoor study, permainan edukatif, prestasi belajar siswa

Abstract

Seiring pesatnya kemajuan teknologi dewasa ini makin berkurang minat dan kemauan anak untuk belajar membaca Al Qur’an termasuk para siswa di  SMP Negeri 1 Ngancar. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi model pembelajaran outdoor study dengan permainan edukatif dapat meningkatkan prestasi belajar mereka. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi yang akan menjadi dasar pijakan untuk langkah berikutnya. Model pembelajaran Outdoor Study dengan metode permainan edukatif  yang menjadi pengganti metode-metode konvensional, yaitu klasikal, ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas yang banyak dapat meningkatkan   prestasi belajar membaca Al Qur’an bagi siswa di  SMP Negeri 1 Ngancar. Namun penggunaan pembelajaran dengan pemberian model pembelajaran outdoor study dengan  metode permainan edukatif bukanlah mutlak menjadi satu satunya yang baik dalam KBM  tetapi metode ini sangat cocok dalam kelas yang heterogen dan materi yang sangat sulit membedakan materi yang bermacam-macam jenis, oleh karena itu metode ini perlu dikembangkan lagi pada materi-materi lain khususnya materi membaca Al Qur’an / Tajwid

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

Articles