Penggunaan Media Google Classroom dan Google Form untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah
Keywords:
Peningkatan, hasil belajar, google classroom, google formAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa hasil belajar PAI tentang Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah Kelas VIII SMPN 5 Surabaya masih tergolong rendah. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan media Google Classroom Dan Google Form. Kedua media ini merupakan media pembelajaran secara online dan mengevaluasi pembelajaran secara online pula. Pertanyaan yang ingin dijawab apakah penerapan media Google Classroom Dan Google Form dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah Siswa Kelas VIII SMPN 5 Surabaya tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMPN 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatanPenelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiridari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Media Google Classroom Dan Google Form dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil sebagai berikut: siklus I prosentase prestasi belajar terdapat 13 peserta didik atau 32 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 27 peserta didik atau 68 % siswa yang tidak tuntas. Siklus II prosentase prestasi belajar terdapat 34 peserta didik atau 85 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 6 peserta didik atau 15 % siswa yang tidak tuntas. PTK ini dinyatakan berhasil
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Triyono Susilo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.