Efektivitas Implementasi Microsoft 365 Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Digital Siswa
Keywords:
Kompetensi Digital Siswa, Microsoft 365, Konepsi Paul GiltserAbstract
Litersi digital menjadi salah satu ketrampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik agar dapat bersaing di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar manfaat Implementasi Microsft 365 untuk meningkatkan kompetensi digital siswa. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode Probability sampling untuk pengambilan sampelnya. Pada penelitian ini penulis menggunakan konsepsi Paul Gilster sebagai parameter untuk melihat tingkat kompetensi siswa dalam literasi digital setelah memanfaatkan Microsoft 365. lDari hasil penelitian diketahui bahwa dari keempat konsep Paul Gilster mengenai kompetensi literasi digital semuanya menunjukkan hasil yang baik. Pada kriteria pertama tentang kompetensi Internet searching diperoleh hasil 63,1% siswa memiliki kategori yang baik. Pada kompetensi yang kedua tentang Hypertext Navigation 59,8% siswa memiliki kategori yang sangat baik, sedangkan pada kompetensi yang ketiga yaitu Conten Evaluation 52,6% siswa memiliki kategori yang sangat baik, dan pada kompetensi yang ketiga Knowledge Assembly diperoleh hasil 52,2% siswa berada pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfatan Microsoft 365 dalam pembelajaran daring memebrikan kontribusi positif terhadap peningkatan kompetensi litersi digital siswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Umi Rosidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.