Peningkatan Motivasi Belajar dengan Media Bule Gembel Pada Materi Sejarah Kelas VIII G SMPN 26 Surabaya

Authors

  • mutafiro SMPN 26 surabaya

Keywords:

Kata kunci : bule gembel, motivasi belajar, pai

Abstract

ABSTRAK

Pada jenjang SMP materi sejarah terintegrasi pada mapel PAI. Hal ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016. Materi sejarah kelas VIII Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Bani Umayah ini sangat penting disampaikan siswa, karena memberikan inspirasi dan wawasan agar termotivasi untuk meningkatkan ghirahnya menjadi generasi muda yang  mempunyai cita-cita yang luhur dalam membangun Indonesia agar sejajar dengan negara-negara maju. Bagaimana strategi guru PAI dalam menyampaikan materi sejarah agar tidak membosankan tetapi include dengan media permainan yang mengajak siswa belajar sambil bermain. Guru merancang pembelajaran dengan media Bule Gembel (Buku Ular Edukasi Games Materi Belajar). PTK ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Bule Gembel dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam penggunaan media Bule Gembel. PTK ini dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 26 Surabaya ada 36 orang. Instrumen penelitian dengan lembar observasi, lembar angket dan tes. Penerapan media Bule Gembel dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 24,42%, yaitu dari 53,00% (kategori sedang) menjadi 77,42% (kategori tinggi). Hasil belajar siswa juga meningkat nilai rata-rata kelas, yaitu dari 71,39 (kategori baik) meningkat menjadi 83,06 (kategori baik).  Peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan media Bule Gembel dapat dilakukan dengan cara; Guru menjelaskan dengan lugas tata cara penggunaan media Bule Gembel dan memberikan pendampingan serta bimbingan yang maksimal kepada setiap kelompok.

 

 

 

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles