Upaya Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Ketentuan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin dan Mim Mati Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Market Place Pada Siswa Kelas VII D Di SMP Neger 2 Larangan Kabupaten Pamekasan
Abstract
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam seharusnya menjadi pembelajaran di sekolah-sekolah yang disenangi, menantang dan bermakna bagi peserta didik. Kegiatan belajar mengajar mengandung arti interaksi dari berbagai komponen, seperti pendidik, peserta didik, bahan ajar, dan sarana lain yang digunakan pada saat kegiatan berlangsung.
Kenyataannya banyak siswa terutama pada KD sembilan (kemampuan menjelaskan ketentuan bacaan nun mati/tanwin dan mim mati) di kelas peneliti yang merasa jenuh, tidak merespon dengan baik untuk mengerjakan soal latihan dan berdiskusi dengan teman kelompoknya, mereka seperti acuh tak acuh dan hasil ulangan harian mereka kurang mengembirakan hanya 40% persen nilainya di atas KKM sisanya di bawah KKM (75).
Penyebab utamanya adalah: rendahnya semangat belajar siswa yang diduga karena peneliti kurang tepat dalam menentukan pilihan cara dan model pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan pendekatan PTK dengan tujuan untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan membangun kegiatan belajar mengajar menggunakan pembelajaran koopertif model Market Place. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dan tes dengan teknik analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa pada siklus pertama rata-rata kelas dari 24 siswa, 11 siswa (45,8 %) yang mampu mencapai tingkat penguasaan materi mencapai nilai 75-100 dan 13 siswa ( 54,1 %) yang mencapai nilai dibawah 75, sedangkan pada siklus kedua menunjukan bahwa rata-rata kelas dari 24 siswa yang mampu mencapai tingkat penguasaan materi 21 siswa (87,50 %) mencapai nilai 75-100 dan 3 siswa ( 12,5 % ) yang mencapai nilai dibawah 75, dalam suasana belajar yang aktif antusias dan penuh semangat. sedangkan standar ketuntasan minimal yang ditentukan oleh SMP Negeri 2 Larangan adalah 75,00 dengan ketuntasan belajar klasikal 85% .Nilai rata-rata yang dicapai siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Larangan mencapai 78, 96 nilai rata-rata di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM).
References
Abdurrahman, Bintaro. 2000. Anak Berkesulitan Belajar : Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Mulyati, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Kimia. Malang: UM Press
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Gress.
Johnson, Elaine B. 2010. CTL: Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.
Kurniawan, Islam rahmatan lil’alamin, disampaikan dalam diklat Bimbingan teknis kurikulum 2013 PAI dan budi pekerti SMP angkatan 16 dan 18 di hotel Inna Surabaya tanggal 17 September 2015.
Nurhadi dan Senduk, Agus Gerard. 2003. Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang.UM
Priansa, DJ. 2014, Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung, Alfabeta
Rakhman, Doddy Dwi. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Diklat Manajemen Perkantoran Kelas X SMK PGRI 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, Wina. Dr. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning, Teori, Riset, danPraktek. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sudjana, Nana. 1991. Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Bandung.
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suryosubroto, B. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mas Udi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.